Kamis, 06 April 2023

LAKUKAN INI AGAR AWET MUDA

 

                                        Sumber: timesindonesia.co.id

Semua pastinya menginginkan awet muda. Banyak orang melakukan berbagai cara agar selalu terlihat awet muda. Banyak treatment, minuman, makanan, hingga skincare, dari yang alami hingga yang menggunakan obat-obatan. Banyak klinik kecantikan dengan tekonologi yang sudah canggih memberikan pelayanan terbaiknya.

Namun awet muda tidak hanya fisik tampilan luar saja yang harus di jaga. Baik wajah atau badan luar dan dalam, sebaiknya dirawat dengan cara yang alami, agar kita juga merasakan awet muda yang bukan hanya tampilan saja tapi juga apa yang badan kita rasakan. 

Ada beberapa hal yang dapat membantu memperlambat proses penuaan dan membuat kamu terlihat dan merasa awet muda.

 1. Menjaga Pola Makan

Era social media saat ini memang salah satu hal tersulit adalah menahan diri dari godaan makanan. Sangat mudah untuk membeli dan menghadirkan makanan dirumah. Tapi dengan kemudahan ini jangan membuat kamu kalap sehingga mengkonsumsi makanan yang enak di lidah saja, tapi tidak sehat untuk tubuh. Menjaga pola makan yang sehat dan seimbang adalah kunci penting mempertahankan kesehatan dan mencegah penuaan dini. Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti, sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein sehat seperti ikan dan kacang-kacangan.

2. Olahraga Secara Teratur

Tidak hanya agar terlihat awet muda, olahraga memang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat. Olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan kekuatan otot, mempertahankan kesehatan jantung, dan menjaga kebugaran tubuh. Olahraga juga dapat membantu meningkatkan produksi hormon endorfin yang membantu meredakan stress.

3. Minum Air Putih yang Cukup

Air putih adalah air yang wajib kamu konsumsi tiap hari dengan standar 2.5 liter setiap hari, disesuaikan lagi dengan kebutuhan tubuhmu. Sangat banyak manfaat minum air putih, mulai dari terhindar dari berbagai penyakit hingga awet muda. Minum air putih yang cukup akan menjaga keseimbangan cairan dan membantu menjaga kulit tetap lembab dan halus.

4. Tidur yang Cukup

Normalnya orang dewasa tidur selama 7-8 jam. Manfaat tidur 8 jam per hari adalah untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Para ilmuan menemukan, tidur dengan waktu yang cukup tak dapat hanya menurunkan stress, tetapi juga mencegah risiko akan terkena tekanan darah tinggi serta kolesterol tinggi.

5. Hindari Sinar Matahari Terlalu Lama dan Gunakan Sunscreen

Terkena paparan sinar matahari terlalu lama dapat merusak kulit dan membuat kulit terlihat lebih cepat tua. Kamu juga harus menggunakan sunscreen yang tepat dengan kondisi dan cocok untuk kulitmu.

6. Hindari Merokok dan Alkohol

Merokok dan alkohol dapat merusak sel-sel dan mempercepat proses penuaan. Lebih baik kamu mengganti dengan makanan yang sehat dan penuh nutrisi.

7. Kelola Stress

Kamu mulailah untuk mencoba mengelola stress. Walau tidak bisa dihindari, namun kamu bisa melakukan berbagai hal agar stress yang kamu alami cepat teratasi. Kamu bisa melakukan olahraga, yoga, atau melakukan hal positif yang kamu senangi. Sehingga mood kamu menjadi lebih baik dan juga itu akan berdampak baik untuk tubuh.

Namun, penting untuk diingat bahwa proses penuaan adalah suatu hal yang alami dan tidak dapat dihindari. Hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah menerima perubahan tersebut dengan baik dan menjaga kesehatan secara umum untuk memastikan kualitas hidup yang sehat dan bahagia.


Tidak ada komentar: