Selasa, 28 Maret 2023

7 Tips Membangun Hubungan yang Sehat dengan Anak

        

 

                                                        Sumber:parentingislam.id

         Cinta permata seorang anak adalah orang tua nya. Penting membangun hubungan antara orang tua dan anak. Hubungan antara orang tua dan anak sangat penting untuk kebahagiaan dan perkembangan anak. Banyak kasus yang sering kita jumpai dimana anak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan norma-norma kehidupan yang ada. Hubungan antara anak dan orang tua yang tidak terjalin dengan baik, bisa menjadi salah satu pemicu masalah ini. Hubungan yang baik dapat membantu anak merasa dicintai, aman, dan dihargai. Sehingga mereka tumbuh menjadi individu yang lebih bahagia dan percaya diri.

            Agar hubungan orang tua dan anak terjalin dengan baik diperlukan perhatian yang cukup kepada anak. Selain itu parents juga bisa melakukan beberapa tips ini. Yuk simak selengkapnya dibawah ini.

1. Luangkan Waktu Bersama Anak

Para orang tua hendaknya sesibuk apapun tetap mengusahakan untuk meluangkan waktu bersama anak. Tidak harus menghabiskan waktu seharian bersama, para bunda dan ayah bisa meluangkan waktu untuk menjalin komunikasi dengan anak setiap harinya. Berbicara dengan anak secara teratur, dengan kebiasaan yang baik ini para orang tua dapat memahami perasaan dan kebutuhan mereka.

2. Berikan Perhatian

Layaknya orang dewasa, anak juga butuh perhatian dari orang terdekatnya. Kita para orang tua adalah orang yang paling dekat dengan anak kita. Tidak hanya hadir dalam setiap momen ataupun pencapaian saja, perhatian dalam keseharian mereka sangatlah diperlukan. Orang tua harus bisa membagi waktu dengan anak, agar anak merasa diperhatikan dan tidak diabaikan.

3. Berikan Apresiasi Dalam Pencapaian Mereka

Apresiasi sangat berharga dalam sebuah hubungan. Apalagi yang berhubungan dengan anak, mereka akan sangat merasa dihargai apabila pencapaian mereka kita apresiasi. Bisa dengan memberikan pujian atau bisa memberikan hadiah. Sehingga mereka merasa didukung dan ini juga akan membuat mereka lebih bersemangat dalam melakukan kegiatannya selanjutnya. 

4. Berikan Contoh yang Baik Kepada Anak

Anak anak cerminan orang tuanya, karena setiap hari anak tinggal dan berhubungan dengan kita. Tidak bisa dipungkiri akan ada kesamaan dalam hal tertentu antara para orang tua dengan anak. Tidak cukup dengan menasehati saja, sebagai orang tua kita memberikan contoh dengan sikap dan tindakan kita dalam keseharian. Maka sebagai orang tua hendaklah kita juga menjadi pribadi yang baik yang bisa dicontoh oleh anak.

5. Memberi Batasan dan Aturan

Memberikan batasan dan aturan bukanlah mengekang anak. Setiap keluarga punya sikap dan aturan agar anak-anak tetap mempunyai batasan dalam melakukan sesuatu terutama yang berkaitan dengan hal-hal yang diluar kebiasaan dan norma yang berlaku. Aturan ini juga membantu anak tumbuh menjadi seseorang yang bertanggungjawab.

6. Membangun Suasana Rumah yang Menyenangkan

Anak akan senang dan nyaman jika mereka tinggal dirumah yang dipenuhi kasih sayang dan cinta. Hubungan anak dan orang tua, berkaitan erat dengan hubungan anatara ayah dan bunda. Ciptakan hubungan yang baik antara kedua orang tua, sehingga efek positifnya akan sampai kepada hubungan anak dan orang tua.

                                                Sumber:motherandbeyond.id
 

7. Meminta Bantuan Konselor atau Psikolog

Tidak ada yang salah jika para bunda telah mencoba beberapa tips diatas akan tetapi masih belum merasa hubungan antara orang tua dan anak terjalin dengan baik, Jangan ragu untuk meminta bantuan ke konselor atau psikolog yang ahli dibidangnya. Para parent bisa bekonsultasi untuk kesulitan yang ada.

Tidak ada komentar: