Sabtu, 11 Maret 2023

5 HAL YANG DIHINDARI JIKA DATANG KE RUMAH CALON MERTUA

 

 
Foto: dream.co.id
 
Pertemuan dengan calon mertua merupakan hal yang mendebarkan bagi setiap orang, terutama pertemuan untuk pertama kalinya.
 
Pertanyaan selalu muncul adalah, "apakah mereka akan menyukaiku? bagaimana jika tidak? hubungan ku yang selama ini dijalin akan pupus". dengan penuh rasa cemas terkadang kita tidak sadar telah bersikap terlalu kaku atau berlebihan dalam mencari simpati.
 
keluarga calon pasangan kita pastinya ingin mencari pasangan yang terbaik untuk anaknya, perlu kamu waspadai sikap kamu terhadap ibu dan adik/kakak perempuan dia, karna mereka merupakan penentu utama atas kelangsungan hubungan kalian.
 
Namun dari pada terlalu cemas, kamu harus tahu hal apa saja yang dapat kamu hindari jika datang ke rumah calon mertua, antara lain:
 
1. Tidak menghargai aturan dirumah calon mertua
 
ibarat kata pepatah, "dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung" datang ketempat orang harus menjaga sikap karna kita tidak tahu aturan mana yang berpotensi kita langgar dalam rumah tersebut, sehingga kita perlu bertanya terlebih dahulu dengan pasangan kita contohnya jam waktu berkunjung, jam tidur, waktu sholat dan aturan lainnya yang berlaku di sana, jangan sampai karna merasa telah di terima kamu menjadi bablas terhadap aturan tersebut, ingatlah sebelum janur kuning melengkung, pihak pasangan kita tersebut masih melakukan penilaian.

umumnya aturan dirumah, hal yang umum yang ada di masyarakat yang seharusnya kamu sudah tau, seperti tidak pulang sampai tengah malam, karna mertua akan memandang kamu orang yang kurang baik untuk anaknya, bahkan pulang saat azan mengindikasikan kamu bukanlah orang yang taat. terkadang penilaian mertua jatuh pada ketaatan calon anaknya, pastinya mereka lebih bahagia melihat calon anaknya rajin sholat apalagi bisa jadi imam sholat dengan bacaan tartil yang indah, masyallah calon menantu idaman.
 
Untuk kamu para wanita, percayalah mertua akan senang jika kamu datang kerumahnya dengan berpakaian sopan, berbicara sopan bahkan kalau bisa bantu cuci piring di dapur. apapun akan dilakukan demi menaklukan si calon mertua kan?  tidak membuang sampah sembarangan atau merusak barang-barang dirumah.

2. Tidak menunjukan rasa hormat
 
siapa yang tidak ingin di hormati, pastinya semua orang ingin sekali dihormati, apalagi calon mertua kamu, mereka sudah tua, ingin sekali melihat anak muda dengan rasa hormat dan sopan santun yang baik.
 
jangan suka memotong pembicaraan saat mereka sedang bernostagia bercerita mengenai masa kecil calon pasanganmu, jangan juga bermain HP saat mereka berbicara, itu memperlihatkan kamu tidak peduli dengan percakapan dengan mereka.

pastinya kamu sering dengar dulu, malah ada yang bermain catur dengan si calon mertua, hal itu menunjukan rasa hormat kamu untuk menghargai hobi calon mertua, apabila wanita mereka suka main kedapur hanya sekedar bantu-bantu sambil bercerita masalalunya, yang mana jika kamu diterima mereka lama-lama akan mencaritakan tentang value keluarganya kepada kamu. itu menjadi signal buat kamu jika ingin di terima keluarga mereka kamu harus bersikan bagaimana.
 
cobalah tanya ke calon pasangan kamu, hobby calon mertua apa? agar tidak binggung dalam berkomunikasi nantinya. orang tua sangat ingin di dengarkan, kamu jangan berbicara terlalu banyak menceritakan dirimu sendiri, membanggakan atau menyombongkan diri.
 
3. Berpakaian tidak Pantas
 
sopan santun dalam berpakaian harus kamu perhatikan, jangan sampai kamu menggunakan pakaian yang tidak sopan yang terbuka layaknya orang yang mau clubbing atau maksiat. cobalah berpakaian lebih tertutup, bersih dan rapih. sehingga calon mertua menilai kamu sebagai seorang yang bisa menjaga diri.
 
"Don't Jugde the book from it's Cover" itu memang benar, namun untuk berpakaian untuk kerumah calon mertua, tidak ada toleransi, itu akan menentukan identitas diri dan level kamu. jangan juga terlalu heboh dalam berpakaian, misal wanita memakai baju dengan banyak ornamen yang menggangu mata, memakai parfum yang berlebihan bahkan juga bau mulut yang kurang sedap juga diperhatikan.
 
Pria janganlah memakai celana pendek ketat, memakai pakaian yang norak dan robek-robek, atau bahkan pakaian bau yang dipakai main futsal tadi. first impresion in 30 second, just enough to impress or judge people.
 
4.  Tidak bawakan hadiah
 
ini bukanlah hal wajib, tapi ini penting, untuk mencairkan suasana, siapa yang tidak senang dibawakan hadiah? pastinya semua orang senang, apa yang akan dilakukan orang yang menerima? mereka akan tersenyum dan mengucapkan terima kasih. itu cukup untuk memberikan first impresion pertama kamu. 
 
martabak makanan yang sangat populer yang dibawakan, karna semua pasti suka, namun kamu bisa menanyakan kepada pasanganmu apa makanan atau hadiah kesukaan orang tuanya. jangan sampai kamu salah informasi, misalnya orang tuanya ada penyakit diabetes, malah kamu bawakan kue yang manis banget. itu tidak pantas yaa.
 
tidak harus mahal, yang penting berkesan, bisa dinikmati semua anggota keluarga lebih baik seperti martabak atau pizza. disesuaikan juga dengan budget kamu, jangan juga memaksakan diri.
 
5.  Bermesraan dengan Pasangan 
 
pastinya calon mertua ingin melihat anaknya bersama orang yang yang tepat yang menyayangi anaknya, namun bukan berarti kamu harus bermesraan didepan mereka, jaga sikapmu. Berciuman dan bermesraan membuat orang tuannya menilai kamu adalah lelaki hidung belang, bisa jadi diluar sana kamu banyak simpanan. jadi bersikaplah sewajarnya. bagaimana kamu bersikap, itulah value mu.

itulah 5 hal yang harus kamu hindari jika datang ke Rumah calon mertua, kamu tidak perlu takut, perlakukan mereka dengan tulus layaknya kamu sedang berbicara dengan orang tua mu, dengan tutur kata lembut dan sikap yang baik. insyallah kamu akan berhasil mendapatkan approval,  untuk menjadi menantu terbaik.

Tidak ada komentar: