Selasa, 28 Maret 2023

Cara Mengembangkan Keterampilan Leadership Anda

            
 
         
Sumber:okezone.com
                                                        
Kemampuan leadership merupakan kunci sukses saat ini, bahkan leadership tidak melihat usia. Di saat teknologi berkembang saat ini, banyak sekali anak-anak muda yang brilian muncul sebagai leader start-up, mereka membawa inovasi baru dalam industri kewirausahaan. Kamu mungkin tau siapa pendiri go-jek? Pastinya semua orang tau dengan bapak Nadiem Makariem, merupakan anak muda sukses yang membawa perubahan yang sangat signifikan pada masyarakat. Dengan ide sederhana  yang di eksekusi dengan briliannya bisa membuka lapangan kerja baru sebagai driver ojol untuk jutaan kepala keluarga.

Bahkan disaat pandemi, saat mereka di PHK, banyak yang beralih sebagai driver. Kabarnya penghasilan driver bisa melebihi gaji UMR. Namun saat ini kita bukan fokus membacakan khusus go-jek ya, masih banyak lagi start up lain nya yang terkenal, tokopedia, bukalapak, lazada, tiket.com, blibli dan lainnya.
 
Dari semua startup tersebut dapat berkembang, karena leader hebat yang mempunyai kemampuan leadership yang luar biasa. Kamu juga dapat mengembangkan skill leadershipmu, agar bisa berkembang seperti mereka, tidak ada yang tidak mungkin bukan? Asalkan kamu senantiasa belajar. Berikut beberapa tips untuk mengembangkan skill leadershipmu.
 
1.  Disiplin
 
Disiplin adalah suatu cara yang baik untuk mencapai tujuan dan meningkatkan kinerja dalam kehidupan. Disiplin melibatkan kemampuan untuk mengendalikan diri sendiri dan mematuhi aturan, jadwal, dan tugas yang telah ditetapkan dengan konsisten. Memang berat untuk melakukan sesuatu yang tidak biasa kita lakukan. Namun tidak ada ruginya kamu memulai mencoba untuk menjadi disiplin
 
2. Tingkatkan Komunikasi
 
Skill komunikasi sangatlah penting jika kamu ingin jadi pemimpin, ini dikerenakan kamu bertemu dengan banyak dan berbagai level serta karakter orang. Saat kamu memulai pembicaraan, baiknya berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang jelas agar orang lain mudah memahami tujuan dari pembicaraan. Kamu juga jangan canggung untuk berlatih berbicara dengan teman atau keluarga, agar kamu terlatih untuk komunikasi.

3. Pelajari Keterampilan Manajemen Waktu
 
Keterampilan manajemen waktu tentunya penting bagi seorang pemimpin. Bagaimana tidak, sebab pemimpin akan menjadi pusat dari sebuah tim. Pemimpin akan memberikan contoh dan tanpa disadari akan dicontoh oleh bawahan. Pelajari cara untuk merencanakan dan mengatur waktu kamu dengan baik. Ini akan sangat bermanfaat dalam menyelesaikan pekerjaan dengn efektif dan efisien.

4. Pelajari Cara Mengambil Keputusan yang Baik
 
Pemimpin mempunyai tugas yang berat, yaitu dalam mengambil sebuah keputusan. Seorang pemimpin tentunya harus mampu mengambil keputusan yang tepat dan efektif. Kamu bisa mempelajari cara mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Selain itu kamu juga harus mempertimbangkan opsi lain yang berbeda. Pastikan juga kamu sudah mengetahui dampak dari setiap keputusan yang kamu ambil.

5. Berlatih Kepemimpinan
 
Seorang pemimpin yang baik hendaknya tidak puas terhadap kemampuan yang dimiliki. Pemimpin yang baik harus terus belajar dan mengupgrade ilmu sesuai dengan perkembangan zaman. Kamu bisa berlatih meningkatkan kemampuan dengan membaca buku, mengkuti seminar dan pelatihan. Kamu juga bisa mencari mentor yang bisa membimbing. 

Selain itu kamu juga perlu memulai praktikkan kepemimpinan dengan mencoba menjadi pemimpin dalam tim atau orgnisasi kecil terlebih dahulu. 

Itu tadi lima cara mengembangkan keterampilan leadership kamu. Perlu kamu ingat bahwa seorang pemimpin adalah orang yang berpengaruh serta menjadi role model bagi bawahannya. Jadi kamu harus terus belajar dan mengembangkan kemampuan agar bisa menjadi pemimpin yang terbaik
 
 

Tidak ada komentar: