Kamis, 23 Maret 2023

Cara Membuat Daftar Belanja yang Efektif

 

istockphoto.com
                                                                
Ketersediaan barang yang saat ini serba ada dan serba mudah untuk di dapatkan terkadang membuat kita belanja secara berlebihan. Banyaknya platform belanja online yang menawarkan promosi membuat kita tergiur untuk belanja, padahal kita tidak membutuhkannya. 

Membuat daftar belanja sangat perlu jika kamu sulit mengatur keinginan belanja. Berikut beberapa daftar belanja yang efektif yang membuat pengeluaran lebih terkendali.

1. Tetapkan Anggaran Belanja

Anggaran belanja merupakan perkiraan pengeluaran dalam jangka waktu tertentu. Anggaran belanja digunakan untuk mengatur keuangan agar pengeluaran tidak lebih banyak dari pendapatan. Kamu bisa menentukan berapa banyak uang yang ingin kamu habiskan untuk belanja dan usahakan untuk tetap berada dalam anggaran yang telah dibuat.

2. Prioritaskan Barang Sesuai Kebutuhan

Buatlah daftar barang-barang yang benar-benar anda butuhkan dan urutkan berdasarkan yang paling kamu butuhkan.

3. Periksa Stock Barang 

Kamu bisa membuat daftar barang yang benar-benar kamu butuhkan. Kamu bisa cek dulu rak barang dirumahmu untuk melihat barang apa yang masih ada dan yang sudah habis. Ini sangat membantu agar kamu tidak memberi barang yang sama yang stock nya masih ada

4. Jangan Tergoda Diskon

Seringkali kamu tergoda promo padahal itu bukanlah barang yang kamu butuhkan. Selalu diingat bahwa diskon dan promosi hanyalah strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Pastikan kamu membeli barang yang benar-benar dibutuhkan dan sesuai dengan anggaran belanja.

5. Membuat Jadwal dan Daftar Belanja yang Teratur

Buat daftar belanja berdasarkan kategori, seperti produk segar, produk kering, produk bersih-bersih, dan lainnya. Ini akan membantu kamu untuk belanja dengan lebih efisien. Selain itu kamu juga perlu menetapkan waktu untuk belanja. Misalnya seminggu sekali ini berguna untuk memperkirakan waktu dan anggaran yang dibutuhkan untuk berbelanja.

6. Gunakan Aplikasi Daftar Belanja

Jika kamu malas melakukan pencatatan secara manual, maka kamu perlu mencoba menggunakan aplikasi belanja seperti Google Keep, Anylist atau Out of Milk dengan ini kamu bisa membuat daftar belanja yang lebih jelas dan praktis yang dapat dibagikan dengan keluarga.

okezone.com

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, kamu dapat membuat daftar belanja yang efektif dan menghemat waktu serta uang kamu.

Tidak ada komentar: