Senin, 27 Maret 2023

Gak Ada Ide Kreatif? Lakukan Ini!

       

merdeka.com
                                                                        
Kamu pastinya pernah dalam posisi ingin berkarya tapi tidak tau mulai dari mana, atau punya ide tapi kok macet ya, binggung mau ngapain, seperti kreatifitas yang terhambat. Ide yang macet berawal dari pikiran mu yang lagi penuh, seperti lalu lintas, saking padatnya jalanan sehingga otakmu lambat berfikir untuk menemukan ide-ide kreatif. Seakan-akan ide yang ada dikepala sulit untuk keluar. Penulis bingung mau nulis topik apa, fotografer binggung mau foto apa, atau memiliki jualan tapi ngak tau mau jualan apa, kamu pernah merasakannya bukan?

Hambatan-hambatan kreatifitas dapat terjadi kapanpun dan dimanapun. Selama kamu mengetahui langkah-langkah untuk mengatasinya kamu akan dapat menyelesaikannya dengan tepat waktu. Pemicu dapat berbeda-beda setiap orang pastinya memiliki alasan sendiri, namun pada umumnya deadline yang ketat, stres berlebih dan terlalu banyak pikiran lain, dapat semakin menghambat jalan pikiranmu dalam menemukan ide kreatif.

Untuk mengatasi kreatifitas yang macet ini, ingatlah kamu yang memegang kontrol atas dirimu, lakukan sesuatu untuk memunculkan ide baru. berikut langkah-langkah yang dapat kamu coba.

1. Fokus Pada Hal yang Dapat Menginspirasi Ide

Inspirasi dapat datang dari melihat atau menemukan referensi yang tepat. Cobalah kamu baca kembali buku literatur, nonton video youtube yang berkaitan dengan bahanmu, gambar, foto atu objek apapun yang dapat menginspirasi ide kreatif muncul.

Terkadang dengan kita melihat karya orang lain, kita dapat mengembangkan ide lain bukan? berapa banyak karya yang dihasilkan dengan meniru, memodifikasi dan mengembangkan ide? pastinya banyak. Jika tidak, kamu tidak akan menemukan snack yang bervarisasi di minimarket yang pada umumnya mirip.

Ide iklan dan tulisan yang cenderung mirip, minuman yang rasanya mirip, itu semua berasal dari melihat ide dari pihak lain dan mengembangkannya, temukan ceruk (niche) dari kreaatifitas itu, bukan berarti plagiat, itu adalah hal yang dilarang tentunya, namun kamu bisa melihat kelemahan dari produk orang lain yang masih dapat kamu kembangkan. Bukankah itu dapat menghemat waktumu?

2. Lakukan Pengulangan

Pengulangan adalah kunci dimana kita menjadi terbiasa bahkan ahli di suatu bidang, coba kamu ingat kembali apa saja aktivitas berulang yang kamu biasa lakukan untuk mencari inspirasi, bisa saja santai dikolam ikan, memancing, minum kopi di cafe. kegiatan non kreatif ini akan dapat menjadi pemicu untuk membuatmu tetap tenang dan mulai melakukan tindakan yang kreatif lainnya.

Coba kamu bayangkan, setiap hari kamu mendengar podcast tentang wirausaha, bukankah memungkinkan suatu saat akan terlintas dibenakmu untuk sebuah ide. Tidak heran, kadang orang menemukan ide berdasarkan hal-hal rutin yang mereka lakukan. Jadi mulai sekarang kamu hanya perlu tidak memikirkan ide kreatif yang macet itu, namun kamu coba menjalani hidup seperti biasa. Ide kreatif akan datang. Berapa banyak disaat kita sholat ataupun berdoa, terlintas dipikiran kita akan sebuah ide. Seperti itu cara mainnya, kamu hanya perlu mengabaikan dan ide itu akan datang sendirinya, karena kamu sebelumnya orang yang kreatif.

3. Persiapkan Catatan

Ide bisa muncul kapan dan dimanapun, jadi siapkan notebook atau ponsel didekatmu saat teringat sebuah ide, jangan biarkan ide itu lewat, ditakutkan sudah lupa kemudian. Jangan memikirkan kualitas dari ide tersebut, tuliskan saja semuanya seperti halnya brainstorming, terkadang pikiran itu acak saja, datang mendadak sehingga kamu harus siapkan catatannya.syukuri setiap ide yang muncul dan jangan lupa apresiasi dirimu jika mendapatkan ide tersebut.

4. Lakukan di Luar Rumah atau Kafe         

       

solopos.com
                                                                                
Inspirasi bisa datang kapanpun, terkadang kita mungkin bosan dengan tempat yang sama, misalnya bosan diruangan kerja kita, dalam mencari inspirasi, kamu bisa pergi ketempat yang menenangkan dengan suasana yang asri seperti taman, maupun di kafe yang diputar music slow yang membuat fresh pikiranmu. Duduk di pinggir danau atau di taman sambil melihat pemandangan, merupakan kegiatan yang menyenangkan juga bukan, kita bisa memperhatikan burung-burung terbang, anak-anak bermain riang, ikan di kolam/di danau, disertai hembusin angin yang membuat sejuk, bukan kah itu menjadi tempat yang nyaman untuk menemukan ide? Cobalah.

Semoga tips diatas membuatmu lebih mudah dalam berkarya dan semakin kreatif, jangan pernah mencoba cara yang sama untuk sukses. Kamu perlu melihat alternatif lainnya dalam mengumpulkan ide. Monoton pada  satu cara membuatmu kurang berkembang dan mungkin ketinggalan dalam menghasilkan hal kreatif lainnya.


 






Tidak ada komentar: