Minggu, 26 Maret 2023

6 Langkah Mudah Memulai Hidup Sehat dan Aktif

Banyak orang yang masih binggung bagaimana cara menerapkan pola hidup sehat dan tetap aktif namun baik juga untuk kesehatan. terkadang kita beranggapan bahwa pola hidup sehat hanyalah cukup tidur dan makan buah dan sayur saja, tanpa mempertimbangkan hal lain.

Hidup sehat berarti sehat secara fisik maupun mental, yang menjadi kunci untuk bisa umur panjang, setidaknya saat umur tua, masih memiliki badan yang bugar untuk tetap menikmati hidup dan bisa beribadah dengan baik. berapa banyak di sekitar kita orang-orang tua yang terdengar memiliki sakit yang kritis seperti stroke, diabetes dan asam urat yang menghambat rutinitas beribadah mereka. 

Semakin muda kita menyadari hal hal dibawah ini, diharapkan dapat dilaksanakan dalam kehidupan kamu sehingga membantu kamu menjalani hidup lebih baik, sehat dan aktif.

Jurnalis Nuansa

1. Kurangi Stres

Banyaknya hal diluar sana yang dapat meningkatkan stress seperti kemacetan lalu lintas, porsi kerja yang berat, deadline, ekonomi yang terbatas, hubungan yang kurang harmonis dan banyak hal lainnya. ketahuilah saat kamu stres imun tubuh kamu akan menurun dan di level yang berat akan mempengaruhi kesehatan kamu.

Bukankan banyak kamu dengar akhirnya gara-gara stress orang bunuh diri, narkoba atau minum alkohol sebagai pelampiasan sementara. padahal hal ini bukan berarti menghilangkan stres kamu, tapi hanya sesaat dan malah memperparah akibatnya. 

Cobalah menenangkan diri dengan melakukan sedikit gerakan yoga seperti menarik nafas dalam-dalam, menghirup udara segar di pagi hari, membuat planning pekerjaan yang efektif dan mencoba sifat cuek, yang berarti tidak terlalu larut dalam masalah, tarik nafas dalam dan hembuskan secara perlahan sambil bilang All is well.

Semua akan baik-baik saja bukan, karna hidup harus terus berlanjut. Sekarang tergantung pilihan kamu apakah mau dengan rasa stres atau tetap tenang.

Kamu juga bisa melakukan aktifitas lain yang menjadi hobbi kamu, seperti bermain games, membaca buku, menonton film maupun seruput kopi di teras rumahmu. lakukanlah hal-hal menyenangkan yang membuatmu lebih rileks.

2. Makan makanan sehat

Apa yang kamu makan akan mempengaruhi tubuhmu, cobalah mulai sekarang mengkonsumsi makan makanan yang rendah gula, rendah kolesterol, rendah lemak jenuh namun tinggi serat dan vitamin. makanan yang baik akan menghindari tubuhmu dari sakit pada jangka panjang.

Banyak mengkonsumsi gula berlebih dapat mengakibatkan diabetes yang pada tingkat lanjut sangat sangat menyiksa. kamu tidak mau kan harus suntik insulin setiap hari sebelum makan saat berumur masih 40 tahun?

Porsi makanan harus dijaga, memiliki tubuh yang gemuk belum tentu sehat terkadang banyak penyakit yang nanti baru dirasakan 10-20 tahun mendatang. pastikan kamu memiliki pola makan dengan diet seimbang yang meliputi karbohidrat, tinggi serat, protein dan lemak baik.

Hindari makanan olahan dan banyak minyak khususnya dengan cara digoreng. kamu bisa mengolah makanan dengan cara merebus, mengukus atau memanggang.

3. Lakukan olahraga setiap hari

BCA Life


Cobalah berolahraga 10-20 menit perhari, tidak harus berat namun rutin, seperti squad, plang, wall sitting, push up dan sit up. jika kamu memiliki waktu lebih luang, setelah sholat subuh bisa jalan-jalan santai sekitar komplek rumahmu, sambil menikmati udara segar.
jika itu dapat rutin dilakukan, kamu akan merasa lebih segar dan rendah stres. karena pada dasarnya hidup sehat didukung oleh aktivitas sehat akan semakin baik.

Jika kamu suka jogging, bersepeda atau berenang, lakukanlah. kuncinya aktifkanlah tubuhmu setiap hari, dengan tujuan untuk sehat, bonusnya bisa memiliki tubuh yang atletis. dengan aktif bergerak tubuh akan memiliki metabolisme yang lebih baik, dapat membakar kalori dan lemak dalam tubuh serta aliran oksigen dalam darah lebih banyak.

4. Minum banyak Air Putih

Tubuh kita sangat membutuhkan air, bukankah kamu sering mendengar tubuh kita 60% adalah air, yang keluar lewat keringat, urine dan saat bernafas. Untuk menghindari dehidrasi minimal konsumsi 8 gelas atau setidaknya 2 -3 liter/hari air putih.

Pastikan tubuh kamu memiliki asupan air yang cukup setiap harinya. cobalah membawa botol minum dimanapun kamu beraktifitas, pastikan minimal 1 teguk air/ 30 menit untuk melepas dahaga. kamu bisa juga membeli air mineral di minimarket atau warung terdekat.

Jangan coba mengganti air putih dengan tinggi gula maupun bersoda karena hal ini berbeda. banyak mengkonsumsi gula berlebih akan merusak tubuhmu, minuman bersoda dapat membuat perut kembung. penting untuk memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi setiap harinya.

5. Tidur yang Cukup

Tidur 7-9 jam perhari akan membuat harimu lebih sehat. jangan merusak hidup sehat mu dengan begadang, karena sel-sel tubuhmu kurang mendapat istirahat yang cukup. bukankah olahraga yang kamu lakukan dan makan makanan sehat yang kamu lakukan akan menjadi sia-sia? 

Menurut Cheri Mah, Pakar gangguan tidur di Stanford, menyatakan tidur adalah kebutuhan dasar untuk gaya hidup sehat.
tidur adalah pondasi dimana pikiran dan tubuh sehat dibangun. dengan tidur yang cukup pastinya akan berdampak signifikan pada kesehatanmu.

6. Periksa Kesehatan secara berkala

Pemeriksaan tahunan atau dalam waktu teratur membuatmu mengetahui apa yang terjadi pada tubuhmu. dengan permeriksaan rutin kamu dapat mengantisipasi penyakit berat yang akan terjadi pada tubuhmu. jika hasil pemeriksaan menunjukan tinggi kolesterol atau gula darah. kamu sebaiknya mulai mengurangi makanan yang menjadi pemicu naiknya. jangan sampai setelah sakit parah baru menyesal.

Dokter dapat membantu mendiagnosa lebih awal sehingga kamu dapat melakukan pengobatan dan pemulihan. selagi muda cobalah kunjugi pusat kesehatan terdekat seperti klinik atau rumah sakit.

Dengan mengetahui hal-hal diatas dapat membantu kita semakin sehat dan aktif dalam kehidupan kita saat ini dan masa depan. Jagalah tubuh kita saat ini sebelum terlambat. semoga kita semua di berikan Allah kesehatan dan umur panjang.


Tidak ada komentar: