Senin, 13 Maret 2023

CARA INI BISA ATASI PERCERNAAN YANG BERMASALAH

 

jovee.id

Banyak faktor yang menyebabkan pencernaan menjadi bermasalah. Biasanya yang umum terjadi berkaitan dengan makanan yang kita konsumsi. Makanan pedas, berlemak serta pola makan yang buruk seperti makan dengan terburu-buru dapat menyebabkan masalah pencernaan. Namun ada hal lain juga yang membuat pencernaan memburuk seperti pola diet yang ekstrem, stress, kurangnya aktivitas fisik hingga pengaruh penggunaan obat-obatan tertentu.

Sebelum memutuskan untuk konsultasi dengan dokter, ada baiknya mencoba menanganinya  dengan beberapa metode berikut, akan tetapi penanganannya tergantung pada jenis gangguan perncernaan yang anda alami.

1. HINDARI MAKANAN PENYEBAB GANGGUAN PENCERNAAN

Tubuh masing-masing orang memiliki respon yang berbeda terhadap makanan tertentu. Maraknya food vlogger akhir-akhir ini membuat kita juga mencoba setiap kali mereka riview makanan. Apalagi makanan yang sedang viral, serasa ada yang kurang jika kita tidak ikut mencobanya. Menghindari makanan tertentu seperti alkohol, kafein, cokelat, minuman bersoda dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Sebaiknya hindari makanan ini jika anda sering mengalami masalah pada penvernaan.

everplate.co.id

2. KONSUMSI MAKANAN YANG MUDAH DI CERNA

Semakin banyak penjual makanan serta kreasi menu yang enak dan menggungah selera membuat kita  harus lebih hati-hati lagi memilih makanan. Jangan sampai kita tergoda dengan rasa dan tampilan semata dengan mengkonsumsi makanan yang sulit di cerna seperti makanan berlemak, pedas, dan berminyak bisa menyebabkan masalah pencernaan. Pilihlah makanan yang mudah dicerna, seperti sayuran, buah-buahan dan makanan rendah lemak dan gula.

3. MINUM BANYAK AIR PUTIH

Minum air sangat penting untuk pencernaan yang sehat. Air membantu melarutkan makanan yang kita makan, membantu menjaga pencernaan dan mencegah sembelit. Dianjurkan minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk menjaga pencernaan dan kesehatan tubuh secara umum. Namun ada yang yang terkadang kita abaikan sehingga bisa berdampak buruk untuk tubuh kita, yaitu memperhatikan waktu minum. Sebaiknya minum air secara teratur sepanjang hari dan hindari minum terlalu banyak dalam waktu singkat. 

yesdok.com

4. MAKAN DENGAN CARA PERLAHAN

Ketika kita makan dengan tergesa-gesa, kita tidak memperhatikan rasanya sehingga berkurang menikmati pengalaman bersantap. Selain itu makan terlalu cepat bisa membuat kita mudah kembung dan mengalami gangguan pencercanaan. Makan perlahan membantu kita merasa lebih baik setiap potongan dan juga memeberi kita waktu mengunyah makanan dengan benar, ini dapat membantu pencernaan dan mengurangi  risiko gangguan pencernaan.

5. OLAHRAGA SECARA TERATUR

Walau tidak semua orang suka berolahraga, namun tidak bisa abaikan bahwa olahraga memang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Olahraga teratur ternyata dapat membantu memperbaiki pencernaan dan mengurangi masalah pencernaan. Olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit dapat membantu pencernaan. Selain itu ada gerakan dalam olahraga seperti, jogging, berenang, yoga serta aerobik juga membantu mengatasi masalah pencernaan. Kembali kepada kemampuan tubuh dan tidak juga dilakukan secara berlebihan.

6. MENGURANGI STRESS

Stress dapat berdampak negatif pada pencernaan. Saat mengalami stress, tubuh memproduksi hormon stress  seperti kortisol dan adrenalin yang dapat mengganggu sistem pencernaan. Melakukan teknik relaksasi seperti yoga, tidur dengan cukup, serta memulai mengelola waktu dengan baik sehingga mengurangi tekanan pekerjaan yang dapat menyebabkan stress. 

qubisa.com
 
Dengan mengikuti tips di atas, diharapkan dapat mengatasi masalah pencernaan dengan baik dan juga dengan berbagai penyakit saat ini lebih menjaga kesehatan.


Tidak ada komentar: