Selasa, 14 Maret 2023

5 TIPS AGAR KAMU RAJIN MEMBACA!

  
amanat.id

            Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,0001%. Artinya dari 1000 orang Indonesia cuma 1 orang yang rajin membaca.Banyak hal yang menyebabkan kita malas membaca, salah satunya tidak dibiasakan ketika kecil, sehingga ketika dewasa membaca adalah hal asing karena bukan aktivitas yang dibiasakan.

 
bantenprov.go.id 

            Membaca saat ini tidak lagi terfokus pada buku yang di cetak menggunakan kertas, banyak media saat ini yang bisa kita manfaatkan untuk membaca walaupun vibes nya tentulah berbeda. Kamu bisa memanfaatkan e-book yaitu buku elektronik yang berisi informasI, tutorial, novel layaknya buku pada umumnya, yang bisa dibuka dan dibaca dengan menggunakan tablet, handphone dan komputer. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kamu lebih rajin dan tidak malas membaca.

1. Tentukan Jadwal Khusus

Kamu bisa membuat jadwal khusus menentukan waktu yang tepat dimana kamu merasa lebih fokus dan energik untuk membaca. Seperti beberapa orang merasa lebih baik membaca di pagi hari. Namun beberapa orang yang lain merasa lebih baik membaca di malam hari. .

2.  Menetapkan Tujuan

                                                                          beautynesia.id

Saat memutuskan untuk membaca sesuatu kamu harus tetapkan tujuan, seperti membaca 10 halaman setiap hari. Ini dapat membantu kamu terus termotivasi dan fokus pada tujuan kamu. Kamu juga bisa mencontoh kebiasaan orang-orang sukses di dunia seperti Warren Buffett rutin setiap harinya meluangkan waktu lima hingga enam jam untuk membaca lima koran berbeda

3.  Membaca Topik yang Menarik

Masing-masing orang memiliki ketertarikan terhadap hal-hal tertentu. Kamu bisa mencari topik yang menarik sehingga membaca menjadi kegiatan yang tidak membosankan. Jika kamu menyukai apa yang dibaca, kamu akan cenderung berkeinginan untuk terus membaca. Seperti Elon Musk sebelum menjadi sukses seperti sekarang, Elon Musk ternyata menghabiskan lebih dari sepuluh jam per hari untuk membca novel bergenre sci-fi alias science-fiction. Bahkan, pengetahuannya yang luas tentang roket banyak diperoleh dari buku bacaannya. 

                                                        svetbohatych.com

 4. Hilangkan Gangguan

Kamu bisa menjauhkan sesuatu yang mengganngu seperti televisi selama membaca. Walaupun gadjed memungkinkan bisa dimanfaatkan untuk membaca namun jika membuat kamu tidak fokus untuk membaca dengan gadjed kamu bisa menjauhkannya dulu dan membaca menggunakan buku manual.

5. Gunakan Reward

Tidak hanya setelah lelah bekerja atau mendapatkan pencapaian saja, namun kamu bisa memberikan self reward kepada diri sendiri setelah menyelesaikan buku atau mencapai tujuan membaca. Self reward dapat membantu meningkatkan inspirasi dan termotivasi untuk terus membaca.

                                                                            qubisa.com

Semoga tips ini membantu kamu untuk tetap terus mengexplore lebih banyak bacaan dan tidak malas untuk membaca.

 

Tidak ada komentar: