Selasa, 14 Maret 2023

Jika ada Keluarga yang sedang Haji atau Umroh, Titipkan Doa ini !

Dream.co.id

Semua umat muslim di dunia pastinya memimpikan dapat berhaji untuk menunaikan rukun islam yang ke lima. Saat ini kuota haji sangatlah terbatas jika kita baca di berbagai media waktu tunggu untuk daerah di Indonesia mulai dari 15 tahun sampai 30 tahun untuk haji reguler, untuk yang punya lebih uang bisa memakai haji Plus dengan waktu tunggu sekitar 5 tahun. 

Oleh sebab itu, untuk mengakomodir keinginan orang untuk ke tanah suci mekah, banyak orang dengan semangat untuk mendaftar umroh  karena pahala sholat di Masjidil Haram sangatlah besar dan kemudahan terkabulnya doa-doa. Untuk kita yang belum dapat berangkat, kita bisa menitipkan doa ke keluarga yang berangkat.

Sebelum memulai do'a, perlu kita memperhatikan adab saat berdoa. Sangatlah dianjurkan untuk memperbanyak istigfar telebih dahulu, alangkah lebih baik jika dimulai dengan memuji Allah ta'ala. Sebaiknya juga diperhatikan urutan dalam berdoa, kebanyakan kita kadang ketika berdoa tujuan utamanya dunia. Berikut urutan titipan doa yang saat haji dan umroh.

1. Minta Pengampunan

Ya Allah Ya Ghaffar (Maha Pengampun)

Berilah anak/suami/ibu hamba ampunan atas dosa mereka, ampunilah segala kelalaian dan kebodohan mereka, ampunilah dosa yang terdahulu dan yang akan datang, dosa yang disembunyikan dan yang terlihat.

 2. Permintaan Husnul Khotimah

Ya Allah Ya Mumit (Maha Mematikan)

Ringankanlah sekiranya nantinya dalam sakaratul maut, mendapat taubat sebelum mati, mendapat rahmat ketika mati, dan mendapatkan ampunan sesudah mati. Selamatkanlah kiranya dari siksa kubur, mendapat ampunan saat hari perhitungan amal, jauhkanlah dari siksa api neraka dan masukkanlah kami ke surga-Mu serta jadikan mereka ahli surga dan ditempatkan bersama para dan rasul.

3.  Permohonan Hidayah dan Istiqomah 

Ya Rabb Ya Hadi (Maha Memberi Petunjuk)

Berikanlah mereka hidayah agama-Mu yang lurus. Bantulah mereka istiqomah dalam menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larangan-Mu. Jadikanlah mereka anak yang selalu mengingat-Mu, bersyukur atas nikmat dan bersabar atas ujian-Mu. Limpahkanlah kepada mereka taufik untuk taat kepada-Mu, dan karuniakanlah kepadaku rezeki berupa bakti mereka.

4. Dimudahkan untuk Umroh dan Haji

kompas.com
                                                              
Ya Allah Ya Rahman (Maha Pengasih)

Undanglah keluarga kami untuk memenuhi panggilan berkunjung kerumah-Mu Baitullah untuk melaksanakan haji dan umroh. Permudahlah mereka beribadah di rumah Allah tanah suci makkah, mendirikan sholat di masjidil haram dan dapat mencium hajar aswad.

5. Dimudahkan Kehidupan Dunia

Ya Allah Ya Fattah (Maha Pembuka Rahmat)

Limpahkanlah keberkahan, kebaikan, kebahagiaan, kesehatan, perlindungan terus-menerus dalam kehidupan/rumah tangga mereka. Jauhkanlah keluarganya dari keburukan dan marabahaya. Hilangkanlah kesusahannya, sesungguhnya engkau dzat yang maha penolong.

6. Permohonan Untuk Hajat Tertentu

Hajat ini seperti do'a memohon keturunan, kesembuhan penyakit dan hajat lainnya. 

Ya Allah Ya Rahman Ya Rahim...

Ya Rabb anugerahkanlah padaku dari sisi-Mu keturunan yang thoyyib yaitu anak yang sholeh. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa. Kalau ada hajat ingin disembuhkan penyakit bisa memohon dengan do'a, hilangkanlah penyakitnya, kesusahannya, sesungguhnya engkau dzat yang maha penyembuh, tak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu.

7. Kemudahan Ilmu dan Rezeki

Ya Rabb-Ku Dzat yang Maha Kaya...

Karuniakanlah mereka ilmu yang bermanfaat untuk orang banyak. Berilah mereka kecukupan rezeki dengan yang halal serta berikanlah mereka kekayaan yang berlimpah dengan karunia-Mu. Sesungguhnya Engkau lah yang pemeri rezeki. Mudahkanlah pekerjaannya, lancarkan segala ikhtiar mereka dalam menjemput rezeki yang baik dan halal serta berkah. Jadikanlah mereka ahli sedekah dengan harta yang mereka miliki.  

detiknews.com

Maha suci Engkau Ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Engkau, aku meminta ampun dan bertaubat kepada-Mu. Tiada daya dan upaya melainkan pertolongan Engkau Ya Allah. Kabulkan dan ijabah do'a Ya Allah. Aamiin

 

Tidak ada komentar: