Selasa, 21 Maret 2023

SUSAH TIDUR, LAKUKAN CARA INI!


tribunnews.com

Susah tidur merupakan hal yang umum terjadi. Susah tidur atau sering disebut insomnia adalah kondisi yang terjadi ketika seseorang mengalami kesulitan tidur. Kondisi insomnia lainnya sering terbangun sebelum tidur, bangun terlalu pagi atau tidak bisa melanjutkan tidur sampai pagi.

Tidur yang tidak berkualitas tentunya akan berdampak pada keseharian, terutama saat beraktivitas di siang hari. Jika kamu dalam keadaan sulit untuk tidur, kamu bisa melakukan beberapa cara ini.

1.Tetapkan Jadwal Tidur yang Teratur

Cobalah tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan weekend. Ini membantu ritme sirkadian, yaitu proses internal dan alami yang mengatur siklus tidur-bangun yang diulangi kira-kira setiap 24 jam. Menetapkan waktu tidur akan membantu tubuh kamu merasa siap untuk tidur pada waktu yang sama setiap hari.

2. Hindari Kaferin dan Alkohol

Kafein dan alkohol dapat mempengaruhi kualitas tidur kamu, karena alkohol dan kafein memiliki efek stimulan pada tubuh yang dapat mempengaruhi pola tidur alami. Disarankan untuk menghindari konsumsi kafein dan alkohol terlalu dekat dengan waktu tidur, lebih baik memilih untuk minum air putih atau minuman yang tidak mengandung kafein dan alkohol.

3. Melakukan Olahraga

my-best.id
                                                                 
Olahraga dapat membantu membuat tidur lebih nyenyak. Ketika kamu berolahraga, tubuh melepaskan hormon endorfin yang dapat membantu mengurangi stress dan meningkatkan perasaan bahagia dan tenang. Hormon ini dapat membantu kamu merasa lebih rileks dan nyaman sebelum tidur yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Namun, perlu diperhatikan waktu olahraganya, hindari olahraga terlalu dekat dengan waktu tidur karena meningkatkan ketegangan dan mempersulit kamu untuk tidur.

4. Ciptakan Suasana Tidur yang Nyaman

Pastikan kamar tidur kamu tenang, gelap dan nyaman. Usahakan untuk mempertahankan suhu ruangan yang nyaman serta pilih bantal dan kasur yang mendukung kamu untuk tidur nyenyak.

popmama.com
                                                                
5. Hindari Penggunaan Gadget Sebelum Tidur

Saat menggunakan gadget dan lainnya dapat mempengaruhi kualitas tidur kamu. Gadget mengeluarkan cahaya biru, yang dapat menganggu produksi melatonin, hormon yang membantu mengatur siklus tidur dan bangun. Penggunaan gadget sebelum tidur akan memicu stress dan kecemasan ketika kamu melihat berita atau hal yang tidak menyenangkan dapat mengganggu keseimbangan emosi dan meningkatkan ketegangan sehingga menyulitkan untuk tidur.

okezone.com
                                                                   
6. Konsultasikan dengan Dokter

alodokter.com
                                                                
Jika masalah tidur kamu masih berlanjut ketika telah menerapkan beberapa cara diatas, kamu bisa pertimbangkan untuk menemui dokter atau ahli kesehatan lainnya. Mereka dapat membantu menemukan penyebab masalah tidur kamu dan memberi saran bagaimana cara mengatasinya



Tidak ada komentar: