Selasa, 21 Maret 2023

PILIHAN OLAHRAGA SAAT PUASA, WAKTU DAN DURASINYA!

      

tribunnews.com
                                                               
Puasa harusnya tidak menghalangi untuk tetap melakukan olahraga. Ada rekomendasi waktu yang bisa dipilih untuk berolahraga saat puasa. Pertama, sebelum berbuka puasa atau sekitar satu jam sebelum waktu berbuka. Estimasinya ketika berolahraga selesai bertepatan dengan waktu berbuka. Sehingga cairan tubuh dan tenaga yang berkurang bisa segera terganti. Kedua, setelah buka puasa atau setelah tarawih. Waktu ini bisa jadi pilihan karena kondisi tubuh kembali pada performa semula (Dosen Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Kunjung Ashadi).

Selama bulan puasa, ada beberapa jenis olahraga yang cocok untuk dilakukan, antara lain:

1. Berjalan Kaki

Berjalan kaki merupakan olahraga yang tepat dilakukan selama bulan ramadhan. Olahraga ini tidak menghabiskan banyak energi dan tidak menyebabkan tubuh terlalu lelah. Kamu bisa melakukannya di sore hari menjelang waktu berbuka sembari hunting takjil.

www.cnnindonesia.com
                                                         
2. Yoga 

Yoga adalah olahraga ringan yang cocok dilakukan saat puasa. Olahraga ini bisa dilakukan dirumah jika kamu tidak mau ke studio yoga. Walaupun ringan namun saat berpuasa lebih baik memilih gerakan yang sederhana. Olahraga ini dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh, mengurangi stress, dan meningkatkan konsentrasi.

bincangmuslimah.com
                                                                
3. Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga yang cocok dilakukan saat puasa. Olahraga ini dapat membantu meningkatkan kesehatan  jantung dan kebugaran fisik. Namun kamu jangan melakukan bersepeda di siang hari, tetap harus memperhatikan waktu yang sudah disebutkan diatas.

kompas.com
                                                                        

Durasi olahraga saat menjalankan ibadah puasa disarankan untuk dikurangi dibandingkan dengan waktu normal selain bulan ramadhan. Hal ini dikarenakan saat berpuasa, tubuh akan kekurangan asupan cairan dan nutrisi sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pulih. Olahraga saat puasa bergantung pada kondisi masing-masing orang. Waktu normal diluar bulan puasa olahraga dilakukan 3-5 kali dalam seminggu dengan durasi tiap latihan 30-50 menit. Namun saat berpuasa disarankan untuk membatasi durasi olahraga 20-30 menit.



Tidak ada komentar: