Selasa, 28 Maret 2023

Menciptakan Kebiasaan Sehat dalam Kehidupan Sehari-hari

 

                                                            Sumber:lifestyle.kompas.com

Tubuh yang sehat memudahkan kita melakukan segala aktivitas sehari-hari. Tubuh yang sehat akan kita rasakan ketika kita melakukan kebiasaan yang tepat. Menciptakan kebiasaan sehat dalam kehidupan sehari-hari sangat penting untuk menjaga kesehatan jangka panjang serta meningkatkan kualitas hidup. 

 Apakah kamu pernah dinasehati oleh orang yang tua yang kamu temui?

Seperti nasehat ini, "Apa yang kamu makan hari ini, akan menentukan kesehatanmu 10 tahun yang akan datang". Nasehat ini saat kita mendengar di usia muda pasti sangat tidak relevan. Namun mereka yang memberi nasehat telah mengalaminya. Tidak ada salahnya juga kita merenungkan nasehat tersebut. Berikut ada beberapa cara untuk menciptakan kebiasaan sehat.

1. Makan Makanan Sehat

                                                            Sumber:okezonhealth.com

Tidak dapat dihindari seiring berkembangnya zaman, banyak ragam jenis makanan yang bisa kita temui. Makanan yang dahulunya sulit untuk kita temui, nyatanya hari ini sangat mudah kita dapatkan. Kamu harus bisa memilih makanan yang memang tubuhmu butuhkan. Mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi seperti  buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein dan lemak sehat

2. Banyak Minum Air Putih

Air putih selain melegakan rasa haus, namun juga memiliki banyak manfaat. Kita dianjurkan untuk minum 8 gelas air setiap hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain air dengan minum air putih kamu juga mendapatkan manfaat seperti tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.

3. Olahraga

Olahraga telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Olahraga memiliki peran penting dalam menunjang kesehatan tubuh. Dengan berolahraga tubuh akan tetap sehat serta bugar. Kamu bisa merutinkan setidaknya 30 menit 3-4 kali dalam 1 minggu untuk melakukan olahraga yang kamu senangi. Banyak pilihan olahraga seperti berenang, jalan kaki, bersepeda dan lain sebagainya.

                                                            Sumber:bantennews.co.id

4. Tidur yang Cukup

Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, selain makan dan bernafas. Kebutuhan tidur setiap orang umumnya berbeda-beda. Namun orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur malam selama 7-9 jam setiap harinya. Tak hanya menghilangkan rasa kantuk, mencukupi waktu istirahat dan tidur dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

5. Kelola Stress

Bahaya stress dalam jangka waktu yang panjang akan membuat seseorang mengalami berbagai masalah kesehatan yang dapat mengganggu aktivitas hariannya. Kamu harus menemukan cara untuk mengatasi stress dengan berbagai kegiatan yang kamu senangi. Kamu bisa meditasi, yoga, atau aktifitas lain yang dapat membantu kamu untuk bersantai dan menghilangkan stress.

6. Hindari Alkohol dan Rokok

Pengaruh rokok dan alkohol saat ini memang sulit dihindari. Selain dilarang dalam kepercayaan tertentu, alkohol dan rokok memberikan dampak negatif saat ini dan nanti. Alangkah lebih baik jika kamu menghindari untuk konsumsi alkohol dan rokok

7. Medical Check Up Rutin

Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Ditengah kesibukan yang ada alangkah lebih baik kamu menjalani pemeriksaan kesehatan secara teratur untuk memastikan kesehatan kamu tetap baik dan tertedeksi sejak dini, sehingga bisa segera diatasi

Dengan mengikuti tips-tips ini, kamu dapat membentuk kebiasaan sehat dan meningkatkan kesehatan serta kualitas hidup kamu. Siapa lagi yang akan menjaga kesehatan kalau bukan kita sendiri. Jika kamu sakit, kamu tidak bisa membayar orang lain untuk menggantikannya Jagalah kesehatan di mulai dari hari ini. Jangan menunggu tua dan lalu kamu menyesal. Ingatlah bahwa membentuk kebiasaan baru membutuhkan waktu, jadi tetaplah konsisten dan sabar


Tidak ada komentar: